Sabtu, 27 Juni 2015

Rencana Pembangunan SARPRAS PONPES Al Hidayah

P R O P O S A L
PEMBANGUNAN SARANA PRASARANA PONPES AL-HIDAYAH

I. LATAR BELAKANG MASALAH

Pembangunan sumber daya manusia melalui kebijakan pembangunan di bidang Keagamaan pada generasi muda yang telah dicanangkan oleh pemerintah, melalui Menteri Agama Republik Indonesia, merupakan hal yang sangat urgent dan perlu untuk ditindaklanjuti oleh semua pihak.
Hal tersebut merupakan salah satu indikator utama dalam proses pembangunan nasional khususnya di bidang Keagamaan, dimana tujuan akhirnya yaitu menciptakan insan-insan pembangunan yang cerdas, berprestasi dengan penuh kemandirian sekaligus memiliki mental yang kuat dan berakhlak mulia seperti yang dicontohkan Rasululloh SAW.
Selaras dengan kebutuhan-kebutuhan pembangunan nasional dalam bidang Keagamaan tersebut, PONPES Al-Hidayah yang berlokasi diatas tanah Yayasan Al-Hidayah dengan ukuran + 2925 m² di Desel RT.03/03, Kelurahan Sadeng, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang 50222, Propinsi Jawa Tengah, sangat menyambut baik program pemerintah tersebut diatas, serta ikut mendukung dan berperan serta demi terciptanya insan-insan Indonesia yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT.
Dalam konteks ini diperlukan dukungan berbagai pihak yang memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan di bidang Keagamaan, dan indikator utama dari tujuan pembangunan di bidang Keagamaan yaitu, tersedianya Sarana dan Prasarana Ibadah yang representatif.
Oleh karena itu, PONPES Al-Hidayah yang saat ini memiliki sejumlah 95 anak asuh, dipandang perlu dan urgent untuk segera membangun PONPES, sehingga diharapkan dapat tercapainya visi dan misi yang telah ditentukan oleh pihak pengelola maupun pihak pemerintah.
Sarana dan Prasana yang dimiliki PONPES saat ini tempatnya kurang memadai, dan kurang representatif. Untuk itu kami selaku pihak pengelola, merencanakan untuk melakukan Pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES Al-Hidayah tersebut secara permanen, sebagai jawaban alternatif untuk membantu pemerintah dalam hal pembangunan di bidang Keagamaan bagi generasi muda yang sehat, berprestasi, memiliki landasan agama yang kuat dan berakhlakul kharimah tersebut.

II. RENCANA PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA IBADAH

Program pembangunan strategis yang telah direncanakan oleh pihak pengelola  adalah Pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES Al-Hidayah secara permanen.

III. TUJUAN

1.    Tersedianya Sarana Prasarana yang representatif bagi anak asuh dan Masyarakat sekitar PONPES.
2.    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT.
3.    Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan yang sesuai dengan ajaran Rasululloh SAW.
4.    Membantu pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan sumber daya manusia dalam bidang Keagamaan pada generasi muda
5.    Mengokohkan dan mengukuhkan tali persatuan melalui kerja sama yang baik antara Institusi pemerintah dengan lembaga PONPES Al-Hidayah, sebagai elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa dalam bidang Keagamaan
6.    Tercapainya kualitas pelayanan pendidikan Keagamaan bagi anak asuh dan masyarakat sekitar PONPES, yang kompeten dan dapat dipertanggung jawabkan.

IV. LOKASI DAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN

Pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES Al-Hidayah yang dimaksud, berlokasi di Desel RT.03/03, Kelurahan Sadeng, Kec. Gunungpati, Kota Semarang 50222, Propinsi Jawa Tengah,  Telp. (024) 70796456, HP. 087832056217.
Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan Pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES Al-Hidayah, akan dilaksanakan oleh Panitia dan pihak/lembaga yang ditunjuk oleh donatur.

V. LUAS LAHAN DAN STATUS TANAH

þ  Luas lahan yang dialokasikan untuk pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES Al-Hidayah : + 191.7 m².
þ  Status tanah PONPES Al-Hidayah adalah milik Yayasan Al-Hidayah dengan Akta Notaris No: 55 Tgl. 16-01-1989. Jo Akta No. 39 Tgl. 27-05-2000 dan Akta No. 3 Tgl. 09-06-2000. Surat keterangan tanah terlampir.

VI. RINCIAN ANGGARAN BIAYA (RAB)

Rencana Pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES Al-Hidayah, diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar: Rp. 510.000.000,00 (Terbilang: Lima Ratus Sepuluh Juta Rupiah)
Dengan Rincian Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES sebagaimana terlampir.

VII. SUMBER DANA PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA IBADAH

Sumber Dana untuk Pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES Al-Hidayah Ini,  diharapkan diperoleh dari :
1.    Sumbangan dari Instansi Pemerintah dan Swasta
2.    Infaq dari para dermawan kaum muslimin
3.    Usaha-usaha lain yang syah dan halal.

VIII. SUSUNAN PANITIA

Susunan Panitia Pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES Al-Hidayah sebagaimana terlampir.

IX. PENUTUP

Demikian Proposal Pembangunan Sarana dan Prasarana PONPES Al-Hidayah ini kami buat, atas perhatian dan bantuannya kami haturkan Jazakumullohu Ahsanal Jazaa.



Semarang, 04 November 2013
Ketua Panitia


Sekretaris








(   Sodikin, Drs.  )

(     Isro’i, S.Pd.I.    )


Ketua


Yayasan Al-Hidayah







(Drs. Sutrisno, SH., M.Hum.)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar