Rabu, 26 Juni 2013

Mengejar Mimpi

mengejar mimpi memang tidak semudah saat-saat membuat mimpi tersebut… banyak hal yang harus dipersiapkan, diperjuangkan, bahkan dikorbankan ketika memutuskan untuk mengejar mimpi… hal-hal tersebut bersifat sangat personal untuk setiap orang, sulit rasanya untuk digeneralisir…
meski sulit, saya mencoba mengidentifikasi beberapa hal yang harus dipersiapkan, dan mungkin dikorbankan ketika memulai perjalanan untuk mengejar mimpi. kebanyakan dari hal-hal ini saya dapat dari pengalaman pribadi dan berbagai buku motivasi yang saya baca. hal-hal tersebut antara lain:
Hal-hal yang harus dipersiapkan:
1. Tujuan/Goal; kenapa hal ini saya jadikan no 1? sesuai judul “mengejar mimpi”, namanya juga mengejar sesuatu, maka harus jelas apa yang mau dikejar… buat saya, memiliki tujuan/goal yang ingin saya raih dalam pengejaran impian, membuat saya merasa lebih terarah dalam melakukan pengejaran. Oia, usahakan apa yang jadi tujuan/goal kamu sesuai dan sejalan sama apa yang jadi passion kamu :)
2. komitmen; hal ini menjadi sangat penting, karena mungkin aja untuk mewujudkan impian kita akan memakan waktu yang paaaaaannjaaaaang dan laaaamaaaa…jadi keingetan ucapan Ibu Melli Darsa (advokat) yang saya dengar pada acara Talkshow “Perempuan dan Pemberantasan Korupsi” kemarin (13/4) di Bale Rumawat Unpad DU. beliau bilang (yang ketangkep sama kuping saya) “kita sangat mungkin untuk bisa menjadi apapun, namun biasanya untuk benar-benar jadi sesuatu, tidak bisa instan dan perlu waktu”. Nah, disini peran yang namanya “komitmen”…kalau punya komitmen, kita akan terus berusaha terus menerus sepanjang waktu…kalo dosen saya (Pak Parikesit) bilang “untuk meraih cita-cita, jangan ngoyo, tapi musti keyeng” :)
3. motivasi; motivasi bisa dibilang “bahan bakar” untuk bergerak mengejar impian. setiap orang memiliki motivasinya masing-masing dan bersifat sangat personal. Motivasi juga yang akan menjadi “alasan” untuk sebagian orang, untuk tetap mengejar impian mereka, meski orang-orang yang disekitarnya mulai khawatir dengan kondisi orang tersebut *pengalaman pribadi*
4. mental yang kuat; berani memutuskan mengejar impian, berarti harus siap punya mental yang kuat. kenapa? karena setiap usaha pasti ada godaan & ujian. apalagi kalo mau naik kelas, godaan dan ujiannya kadang lebih berat dari yang diperkirakan. karena tak jarang, kita dapat ujian yang bener2 bikin mental kalang kabut..misal, ketemu temen lama yang sudah memiliki ‘kehidupan’ yang lebih baik (misal, bekerja di perusahaan bergengsi + punya pasangan yang cantik/ganteng + keuangan bagus + anak2 yang lucu), padahal setau kita effort dia biasa aja (padahal aslinya, kita ga tau apa yang selama ini kawan kita lakukan untuk mencapai itu semua)..Nah, disinilah peran “mental” akan diuji…kuat ga kita ngadepinnya…supaya bisa kuat, coba dipadu sama yang namanya “positif thinking”… kalau saya biasanya ngehibur diri dengan “setiap orang punya jalannya masing-masing dan rejeki masing-masing… ketemuan ini mungkin jadi remainder (sekaligus warning) buat saya untuk berusaha lebih keras lagi, supaya rejeki & kehidupan bisa lebih bagus lagi” *lagi-lagi pengalaman pribadi*
5. Fisik yang sehat; Nah, yang ini gak kalah penting (walau kadang saya sendiri suka lupa), fisik yang sehat!! karena untuk mengejar mimpi pasti menghabiskan banyak energi, karena itu diperlukan fisik yang sehat untuk bisa melakukannya… lagian (katanya), dengan fisik yang sehat, kita bisa melakukan lebih banyak hal (iya juga sih..). jadi, usahakan hidup yang seimbang..jangan lupa makan makanan yang sehat dan bergizi, plus olahraga… *berhubung saya sendiri kadang sering bandel, hal ini saya ambil bukan dari pengalaman pribadi*
itulah sebagian hal yang harus dipersiapkan ketika mau mengejar impian, apapun impiannya, yang berhasil saya identifikasi… pastinya masih banyak hal-hal lain yang harus dipersiapkan, mungkin kawan-kawan ada yang bisa menambahkan??? hehehehe…. semoga bermanfaat :) semangaaaaat!!!!!

http://sucipt0.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar